400 Peserta Ikuti Pekan Cahaya Quran Widyatama

 K-Lite FM,  30-05-2017 13:51:02

  

20170530_120756

 

Bandung- Sekitar 400 peserta mengikuti kegiatan Pekan Cahaya Quran 2017 ke-4  yang berlangsung pada 30 Mei sampai 1 Juni 2017 di gedung Serba Guna kampus Widyatama Bandung.

Ketua Kerohanian Universitas Widyatama Judiestiati Ontowiryo mengatakan kegiatan ini bertujuan agar para peserta memahami Al-Quran dengan benar yang akan berdampak terhadap perilaku dan ahlak yang baik.

“Pesertanya berasal dari para mahasiswa, pendidik (dosen), karyawan, yayasan, staf dan umum,”katanya kepada wartawan di Bandung, Selasa (30/5/2017)

Menurutnya, Pekan Cahaya Quran ini merupakan rentetan kegiatan rutin tiap bulan yang sering dilakukan di Widyatama dengan menghadirkan berbagai penceramah seperti KH Ahmad Fauzani, Kang Iip, Zulfikar La Ntoresano, Agus Irianto, Moch Rizkar Arev, Dodi Suardi, Tita Husnitawati dan Abu marlo.

“Kegiatan ini terbuka untuk umum dan gratis. Selain kegiatan ceramah juga kami siapkan bazar gratis,”ucapnya.

Menurutnya, ada tiga metoda dalam belajar membaca Al-Quran yaitu ayat bil ayat, ayat bil Hadits dan Ayat bil Aqli. Karena di sini institusi pendidikan jadi mengambil berdasarkan Al-Quran yaitu ayat bil Ayat.

“Ini setiap bulan kita adakan rutin, setiap hari Sabtu minggu ke-2. Nah setiap rentetan kegiatan itu. Tiap tahun kita adakan Pekan Cahaya Quran dan ini merupakan tahun ke-4 yang diadakan di kampus Widyatama,”ungkapnya.

Judiestiati menuturkan, meski banyak permintaan kegiatan tersebut untuk digelar di luar Ramadhan, Namun pihaknya hanya melakukan kegiatan tersebut hanya di bulan suci Ramadan saja.

“Pekan Cahaya Quran hanya berlangsung di bulan Ramadan walaupun banyak permintaan di luar Ramadan. Biasanya hanya sehari tetapi untuk tahun ini kita buat sampai 3 hari mengingat banyaknya permintaan pendidikan Al-Quran ini,”tuturnya.

Kegiatan ini, sambungnya, selalu mengusung konsep tematik. Untuk tahun ini, mengangkat tema Ramadan Menuju Kesejukan dan Ketakwaan.

“Kita seringnya tematik, sudah dua tahun ini tematik untuk tahun ini Ramadan Menuju Kesejukan dan Ketakwaan,”ujarnya

Selain itu, peserta Pekan Cahaya Quran 2017 diajak memahami makna Al-Quran yang sebenarnya dengan menghadirkan penceramah yang ahli di bidangnya. Salah satunya cak Fauzan yang merupakan salah satu ahli bahasa Arab.

“Kami di sini para pemateri sangat terbuka. Karena memahami Al-Quran ini terkadang Al-Qurannya sama tapi pemahamannya berbeda. Nah, untuk mencegah itu kita hadirkan ahli bahasanya,”pungkasnya.

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN