Gejolak Menolak Kenaikan BBM Jangan RUSUH!

 Radio K-Lite FM Bandung,  22-03-2012 14:31:59

  

GEJOLAK MENOLAK KENAIKAN BBM JANGAN RUSUH! (Sumber Gambar : Google.com . Design www.1071klitefm.com)Sahabat K.Lite naiknya harga minyak dunia bermula dipicu oleh krisis Iran  dan Negara barat. Namun dampaknya kian hari semakin meluas termasuk ke Indonesia, sampai – sampai prediksi itung-itungan pemerintah yang pernah disampaikan dirjen migas pada tahun lalu meleset ! Waktu itu pemerintah memastikan tahun 2012 tidak akan menaikan harga BBM karena memang di APBN 2012 tidak ada rencana kenaikan harga bahan bakar minyak, yang ada hanyalah  pembatasan BBM per 1 April 2012. Namun cerita punya dongeng tiba-tiba pemerintah sontak akan menaikan  harga bakar minyak ini pada kisaran Rp.1.500 perliternya untuk  bahan bakar jenis premium dan solar. Kebijakan ini tertuang dalam draft dokumen nota keuangan  & rancangan undang – undang anggaran pendapatan belanja dan negara perubahan atau APBN-P tahun 2012. Menurut pemerintah jika tidak menaikan harga bbm maka APBN negara akan jebol karena harus terus mensubsidi BBM yang harganya terus meroket.Harga minyak dunia yang asalnya US$ 90 menjadi  US$ 105 per barelnya.

Rencana kenaikan BBM ini akan efektif per 1 April 2012.Namun belum juga efektif  harga-harga barang dan kebutuhan sudah mulai merangkak naik yang mengakibatkan resahnya masyarakat. Dan yang tidak bisa dibendung lagi adalah sudah mulai maraknya  demo – demo yang menolak kenaikan harga BBM di berbagai wilayah Indonesia. Demo nampaknya akan terus berlanjut di berbagai wilayah Indonesia jika pemerintah tetap pada keputusannya menaikan harga BBM. Dan jika ini terjadi secara sporadis akan sangat berbahaya!!

Pemerintah dan aparat  harus ekstra hati- hati dan tidak ceroboh dalam penangan demo ini.

Penolakan masyarakat terhadap kebijakan pemerintah yang akan menaikan harga bahan bakar minyak bukan tanpa alasan. Rakyat dinegeri belum mencapai taraf kemakmuran. Memang sungguh Ironis negeri ini yang dulu disebut – sebut sebagai negeri yang gemah ripah loh jinawi bahkan dalam sebuah lagu tercipta lirik : tongkat kayupun bisa jadi tanaman , itulah Indonesia dulu………….

Sahabat K.Lite jika melihat dari besarnya gelombang penolakan kenaikan harga BBM ini, kalau kita urut memang ada banyak faktor pemicunya antara lain mulai hilangnya trust atau kepercayaan rakyat terhadap pemerintah setelah banyaknya kasus- kasus korupsi & hukum yang melibatkan para pengelola negara, cara penyampaian atau mengkomunikasikan pada khalayak terkait rencana kenaikan BBM ini justru dikalangan pemerintah, menteri terkait, DPR hingga para pengamat makin membuat pusing rakyat.

Apa yang harus dilakukan pemerintah untuk meredam demo  massa ini ?

Pemerintah harus menjelaskan secara terbuka dan benar kepada masyarakat kenapa BBM harus naik, pemerintah harus mampu menstabilkan harga-harga  & kebutuhan, dan jangan lupa perhatikan daya beli masayarakat  serta tingkat kewajaran  jika memang BBM harus dinaikan harganya.

Jika pemerintah berhasil mengkomunikasikannya  dengan tepat serta mampu memberikan jaminan pada rakyat mungkin tingkat resiko rusuh bisa di  tekan….Dan jangan juga BLT, bantuan kesehatan, pendidikan, angkutan umum, pangan dan  lainnya dijadikan komoditas politik karena bantuan semacam itu hanya bersifat sementara.

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN


  • 23 Apr 2012 15:37
    share via 1071klitefm.com


  • 27 Mar 2012 10:10


  • 26 Mar 2012 15:14


  • 26 Mar 2012 12:15
    Semoga Demonya terkendali & tertib !!


  • 22 Mar 2012 19:20
    GEJOLAK MENOLAK KENAIKAN BBM JANGAN RUSUH!